Laboratorium

Terdapat 8 (Delapan) ruang laboratorium, yaitu :

  • KKPI/ Simulasi Digital A
Lab. KKPI-A
Lab. KKPI-A

Ruang Lab. Simulasi Digital diperuntukkan bagi peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran Simulasi Digital. Di ruang ini peserta didik belajar materi komunikasi dalam jaringan, kelas maya, presentasi video, simulasi visual dan buku digital. Dari kegiatan ini peserta didik mampu mengelola komponen yang terkait simulasi digital dalam kehidupan sehari-hari. Peralatan komputer yang disediakan di ruangan ini dilengkapi software pendukung pembelajaran seperti : software Blender

 

  • KKPI/ Simulasi Digital B
Lab. KKPI-B
Lab. KKPI-B

Seperti halnya Lab Simulasi Digital A, lab Simulasi Digital B ini juga menyediakan komputer yang mampu melayani kebutuhan mata pelajaran Simulasi Digital.

 

  • Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran
Laboratorium Pemasaran
Laboratorium Pemasaran

Alat-alat yang berkaitan dengan pemasaran dan ritel bisa dilihat di ruang ini. Kegiatan di lab Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran sangat didukung oleh tersedianya peralatan yang sesuai dengan kompetensi keahlian BDP. Di ruang lab ini, peserta didik dapat menggunakan mesin kasir seperti yang ada di supermarket, timbangan digital dan juga dapat memahami cara kerja timbangan manual (timbangan kodok)

 

  • Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Terdapat 5 (lima) paket keahlian pada Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga yang diuraikan dalam 12 (dua belas) kompetensi keahlian, dan harus dimiliki peserta didik SMK Negeri 8 Jakarta. Untuk itu diperlukan ruang praktik yang representative sesuai dengan kompetensi keahliannya. Didalam ruang praktik ini tersedia peralatan praktik seperti komputer, printer, LCD Projector dan format-format yang dibutuhkan untuk kompetensi dasar Akuntansi. Fasilitas komputer dengan rasio 1:1 terhadap siswa dilengkapi dengan software penunjang pembelajaran seperti MyOB dan Accurate.

 

  • Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran

Lab ini ditata sedemikian rupa sehingga kondisinya seperti miniatur kantor. Meja kerja setengah biro dan meja peralatan kerja komputer disusun berbentuk huruf L. Perlengkapan lain seperti tempat alat tulis, telephon dan desktray  ditata sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat merasakan suasana kantor yang sesungguhnya. Beberapa peralatan kantor disediakan seperti lemari arsip (filling cabinet), mesin penghancur kertas, mesin fotocopy, format-format, LCD Projector  Diharapkan pada saat mereka bekerja nanti, mereka dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan dan suasana kantor.

 

  • Lab Pembelajaran PAI

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 8 Jakarta, diberikan dalam bentuk yang sangat aplikatif. Terlihat dari alat peraga yang diberikan kepada para siswa. Pembelajaran nya pun diberikan dalam bentuk simulasi, presentasi dan diskusi, sehingga pemahaman peserta didik terhadap materi menjadi lebih  mudah.  Semua praktek  pembelajaran dilaksanakan di ruang praktik PAI.

 

  • Kewirausahaan A./ PJI

Ruang Kewirausahaan A atau sering disebut ruang PJI diperuntukkan bagi kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas kewirausahaan. Seperti workshop membuat kerajinan/ craft : sepatu lukis, kerajinan tali kur, decoupage craft dan kerajinan lainnya.

 

  • Kewirausahaan B . ( Business Center )

Ruangan ini merupakan ruang praktik kewirausahaan yang lebih besar dari ruang Kewirausahaan A. Ruangan yang terletak paling depan di sayap kiri halaman sekolah ini, diperuntukkan sebagai teaching factory peserta didik SMK Negeri 8. Kerjasama dengan Alfamart memberikan nilai plus kepada ruang ini dari segi penataan dan barang yang dijual. Sehingga cat luar gedung dan dalam ruangan nya disesuaikan dengan cat Alfamart.

Kegiatan peserta didik di ruangan ini melibatkan ke-3 (tiga) kompetensi keahlian yang ada di SMK Negeri 8 Jakarta. Mereka berkolaborasi dalam melaksanakan kegiatan praktik kewirausahaan dalam melayani konsumen.